Pages

Kamis, 01 Desember 2011

12

2.6 VIBRASI

PENDAHULUAN

Vibrasi adalah getaran dapat disebabkan oleh getaran udara atau getaran mekanis.Vibrasi dapat dibedakan dalam dua bentuk :
a.Vibrasi karena getaran udara yang pengaruhnya terutama pada akustik.
b.Vibrasi karena getaran mekanis mengakibatkan timbulnya reonansi/turut bergetarnya alat – alat tubuh dan berpengaruh terhadap alat – alat tubuh yang sifatnya mekanis pula.

Penjalaran Vibrasi Udara Dan Efek Yang TimbulVibrasi udara karena benda bergetar dan diteruskan melalui udara akan mencapaitelinga.getaran dengan frekuensi1-20 Hz tidak akan terjadi gangguan pengurangan pendengaran tetapi pada intensitas lebih dari 140 dB akan terjadi gangguan vestibuler yaitu gangguan orientasi.

Penjalaran Vibrasi Udara Dan Efek Yang timbul.Penjalaran vibrasi mekanik melalui sentuhan/kontak dengan permukaan bendayang bergerak. Sentuhan ini melalui daerah yang terlokalisasi(tool-hand vibration) ataumengenai seluruh tubuh (whole body vibration).

EFEK VIBRASI TERHADAP TANGAN

Alat –alat yang dipakai akan bergetar dan getaran tersebut disalurkan pada tangan.Getaran – getaran pada waktu singkat tidak berpengaruh pada tangan tetapi dalam jangkawaktu cukup lama akan menimbulkan kelainan pada tangan berupa :

a.Kelainan pada syaraf dan peredaran darah.
b.Kerusakan – kerusakan pada persendian tulang.

SIKAP TUBUH TERHADAP TEKANAN MEKANIS

Badan merupakan susunan elastis yang kompleks dengan tulang sebagai penyokong alat – alat dan landasan kekuatan serta kerja otot. Kerangka, alat – alat urat dan otot memiliki sifatelastis yang bekerja secara serentak sebagai peredam dan penghantar getaran.

MENCEGAH GETARAN MEKANIS

Getaran suatu benda dapat dihindari dengan meletakkan bahan peredam dibawah bendayang bergetar. Bahan peredam harus jauh lebih rendah frekuensinya dari frekuensi getaran benda. Frekuensi dari bahan peredam sebaiknya 1 Hz.Selain itu tempat duduk atau alas kaki diletakkan bahan peredam. Tebal tempat duduk danalas kaki sangat menentukan besar redaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar