Pages

Kamis, 01 Desember 2011

9

2.3.SUARA

PENDAHULUANSuara pada hakekatnya sama dengan bunyi. Hanya saja kata suara dipakai untuk mahluk hidup atau benda yang dimahlukkan, sedangkan kata bunyi dipakai untuk benda mati. Untuk lebih jelasnya disajikan beberapa contoh :

-Suara burung
-Suara si slamet
-Suara mobil, disini mobil di mahlukan
-Bunyi gaduh
-Bunyi daun gemersik
-Bunyi alarm


MEKANISME PEMBENTUKAN SUARA/UCAPAN

Mekanisme pembentuka suara ini akan dibicarakan pada ilmu faal secara lebih mendalam,sedangkan disini hanya diuraikan secara sepintas saja

Suara bicara normal merupakan hasil dari modulasi udara yang mengalir keluar dari dalamtubuh. untuk macam – macam suara, dari paru – paru yang penuh dengan uap udara melalui pitasuara (vocal cords) disebut glottis dan beberapa ruang vocal, udara keluar melalui mulut dansedikit melalui hidung pembentukan suara melalui mulut ini disebut bicara.Laki – laki mempunyai frekuensi suara 125 Hz sedangkan wanita 150 Hz.


2.4 ALAT PENDENGARAN

PENDAHULUAN

Telinga merupakan alat penerima gelombang suara atau gelombang udara kemudiangelombang mekanik ini di ubah menjadi pulsa listrik dan diteruskan ke korteks pendengar melalui saraf pendengaran.

PEMBAGIAN ALAT PENDENGARAN

Telinga dapat di bagi dalam 3 bagian yaitu, telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

-Telinga luar : terdiri dari daun telinga dank anal telinga, batas telinga luar yaitu dari daun telingaSampai dengan membrane tympani.
-Telinga tengah : batas telinga tengah mulai dari membrane tympani sampai dengan tubaEustachii. terdiri dari 3 buah tulang kecil yaitu os malleulus os incus dan osStapes.
-Telinga dalam : berada di belakang tulang tengkorak kepala terdiri dari cochlea dan oval window

Tidak ada komentar:

Posting Komentar